Tips Membangun Rumah di Dekat Pantai

Lokasi dan cuaca di pinggir pantai memberikan pengaruh besar terhadap konstruksi bangunan. Anda yang berencana membangun rumah di dekat atau pinggir pantai tidak bisa menyamakan konstruksinya dengan bangunan di perkotaan.

Banyak aspek yang harus diperhatikan seperti apakah lokasi tersebut kerap mengalami banjir rob? Apakah material yang digunakan bisa tahan terhadap kelembaban air laut yang mengandung garam? Kenali apa saja tips pembangunan rumah di pinggir pantai yang benar agar hunian nyaman dan kokoh.

Tips Membangun Rumah Aman dan Kokoh di Pinggir Pantai

Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah batas sempadan pantai, yakni batas yang ditetapkan pemerintah. Tujuannya agar bangunan tetap aman dan bencana alam dan ekosistem pantai tetap terjaga.

Peraturan mengenai garis sempadan pantai ini berbeda di setiap daerah, jadi cek ulang peraturannya sesuai dengan lokasi pembangunan. Selain soal garis sempadan ini, masih ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut:

1.     Membuat Bangunan Rumah Lebih Tinggi

Cobalah cermati rumah-rumah yang sudah dibangun di pinggir pantai, ciri khas utamanya adalah bangunan lebih tinggi. Fungsinya adalah untuk antisipasi air laut pasang sehingga rumah tidak terkena banjir. Menerapkan bangunan tinggi bisa dengan membangun rumah panggung.

Solusi lainnya adalah dengan membangun rumah di area yang tinggi, misalnya di atas perbukitan dengan pantai. Anda nantinya tidak perlu khawatir soal air laut yang pasang atau banjir rob.

2.     Menerapkan Desain Rumah Tropis

Rumah dengan desain tropis paling tepat dibuat di pinggir pantai. Desain ini akan menghadirkan ventilasi udara yang banyak, material alami, atap miring dan konsep open space. Misalnya saja dapur atau kamar mandi yang terbuka.

Tujuan ventilasi udara banyak untuk menyesuaikan udara di pantai yang sangat panas di siang hari. Oleh karena itulah desain rumah ini biasanya tidak menggunakan dinding kaca yang bisa menghantarkan sinar matahari dan ruangan jadi panas.

3.     Buat Rumah Menghadap ke Pantai

Apa gunanya membangun rumah di pinggir pantai tapi bangunannya justru membelakangi pantai? Pastikan bahwa hunian menghadap pantai yang akan menjadi halaman rumah Anda.

Anda bisa membuat ruang kamar atau ruang bersantai Anda juga menghadap ke pantai sehingga keindahan alam ini bisa Anda nikmati kapan saja di rumah.

4.     Memilih Material Bangunan yang Berkualitas

Soal konstruksi bangunan Anda juga harus memperhatikan material yang digunakan. Jangan sembarangan memilih karena akan mempengaruhi keamanan dan kekokohan bangunan. Cuaca di pinggir pantai yang ekstrim mampu merusak bangunan dengan material berkualitas rendah lebih cepat.

Oleh karena itu Anda tidak bisa meremehkan kualitas material, baik itu kayu atau beton. Contohnya saja ketika ingin membangun dinding, Anda bisa memilih jenis bata yang mampu menyerap panas sehingga rumah tetap terasa sejuk.

Produk yang bisa Anda gunakan seperti SCG Smartblock yang diciptakan untuk membangun dinding eksterior atau interior. Rumah di pinggir pantai yang menggunakan SCG Smartblock akan berdiri kokoh, aman serta sejuk.

Kemampuannya dalam menyerap panas 10 kali lebih bagus dibandingkan beton biasa. Efeknya ini justru bisa membantu Anda menghemat penggunaan listrik hingga 30%. Selain itu produk ini juga akan meredam suara dari luar.

Keunggulan lain dari SCG Smartblock adalah tahan terhadap api 2 hingga 4 kali lebih lama jika dibandingkan batu bata merah. Pada saat terjadi gempa, bata ringan ini juga bisa menyerap tekanan dengan lebih baik. Anda yang ingin mengecek kualitas SCG Smartblock bisa langsung kunjungi scgcbm.id.

Inilah tips yang bisa Anda ikuti saat merancang pembangunan rumah di pinggir pantai. Pastikan rumah Anda menggunakan material terbaik dengan desain yang sejuk sehingga nyaman untuk ditinggali.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.