Jangan Asal Pilih, Ini Cara Memilih Telur Asin yang Berkualitas

Telur asin menjadi salah satu makanan yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Telur asin dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan. Untuk mengolahnya, diperlukan telur asin yang bagus agar hidangannya menjadi enak. Namun, memilih telur asin berkualitas tidaklah gampang.

Memilih telur asin hanya bisa dilakukan melalui kulit telur dan cangkangnya. Jika tidak hati-hati, seseorang bisa saja mendapatkan telur asin yang tidak bagus dan rasanya kurang masir. Dikutip dari Buku “26 Resep Lauk Lezat Olahan Telur Asin” karya Lilly T. Erwin, berikut cara memilih telur asin yang berkualitas:

1. Amati kulitnya

Telur asin yang bagus umumnya memiliki kulit berwarna biru muda dan tidak kusam. Sementara telur asin yang kurang baik warna cangkangnya cenderung kusam dan tampak berbintik. Selain itu, pastikan untuk memilih telur asin yang mulus dan tidak retak.

2. Pilih yang agak berat

Jika membeli telur asin yang masih mentah atau belum direbus, sebaiknya pilih yang berat. Hal ini merupakan tanda bahwa telur asin tersebut masih baru. Telur asin yang bagus adalah telur yang masih berusia 10 hari dalam suhu ruangan.

3. Belah telur asin

Telur asin yang bagus memiliki kuning telur yang berada tepat di bagian tengahnya. Warnanya kuning telurnya tampak oranye terang dan tidak kusam. Selain itu, tekstur kuningnya juga terasa lembut dan asin. Aromanya pun tidak manis atau bau.

WINDA OKTAVIA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.