Inilah Cara Menyikat Gigi yang Benar Menurut WHO

Menggosok gigi merupakan salah satu rutinitas sehari-hari yang penting untuk perawatan gigi. Namun, nyatanya menggosok gigi saja belum tentu cukup untuk memastikan gigi dan mulut sehat secara keseluruhan. Agar gigi bersih menyeluruh, Anda bisa mengikuti cara menyikat gigi yang benar menurut WHO.

Pada cara ini ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan supaya kegiatan menggosok gigi tidak sia-sia. Jangan asal gosok gigi tanpa mengetahui tekniknya, simak sampai selesai penjelasan dibawah ini.

Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Benar Menurut WHO?

Memilih Sikat dan Pasta Gigi yang Tepat

Pertama, sebelum menyikat gigi, pastikan Anda sudah memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus juga lembut. Penting untuk memilih sikat gigi yang mempunyai ukuran kepala sikat yang sesuai dengan besar rongga mulut. Hal ini dilakukan supaya bulu sikat dapat menjangkau semua permukaan gigi dengan baik serta menghindari resiko terjadinya perdarahan di dalam rongga mulut.

Selain itu, Anda bisa memilih pasta gigi yang benar serta mengandung fluoride, hal ini untuk membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah resiko gigi berlubang. Anda juga bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan alami, seperti ekstrak eucalyptus dan fennel untuk membantu menghilangkan bau mulut serta membasmi bakteri penyebab infeksi.

Perhatikan Posisi Sikat Gigi yang benar

Cara menyikat gigi yang benar selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi sikat gigi di dalam rongga mulut. Posisikan bulu sikat gigi pada permukaan gigi di dekat tepi gusi dengan posisi sedikit miring, yakni membentuk sudut 45 derajat. Maka, bulu sikat gigi tersebut tidak menempel sepenuhnya pada permukaan gigi.

Menyikat Gigi secara Perlahan

Menyikat gigi secara perlahan merupakan salah satu cara menyikat gigi yang benar dan harus diperhatikan sebaik mungkin. Untuk durasi waktu yang disarankan untuk menyikat gigi yang benar adalah selama 2 menit.

Harus diketahui, menyikat gigi terlalu keras dan terburu-buru malah beresiko mengikis lapisan pelindung gigi (enamel gigi) yang sering menyebabkan gigi sensitif. Selain itu, menyikat gigi terlalu keras juga beresiko menyebabkan terjadinya gusi berdarah serta meradang.

Menggerakkan Sikat Gigi secara Melingkar

Cara menyikat gigi yang benar menurut WHO yaitu mulai menyikat gigi dari gigi depan atau gigi geraham dengan gerakan melingkar dan berlawanan arah jarum jam selama 20 detik. Sebab, gerakan melingkar ini dipercaya bisa membantu membersihkan plak atau kotoran yang berada di celah gigi dan gusi dengan optimal.

Sesudah itu, sikatlah gigi bagian belakang sisi atas dan bawah dengan gerakan maju mundur dengan perlahan. Lakukan teknik menyikat gigi ini secara menyeluruh hingga gigi bersih.

Untuk mengetahui apakah gigi sudah bersih atau belum, coba untuk meraba permukaan gigi menggunakan lidah. Jika permukaan gigi terasa halus, hal ini menandakan bahwa gigi sudah bersih. Jika permukaan gigi masih terasa kasar, ini menandakan bahwa gigi belum bersih.

Membersihkan Permukaan Lidah

Sesudah menyikat gigi dengan benar, bersihkan permukaan lidah menggunakan alat pembersih lidah khusus atau bagian belakang sikat gigi yang dilengkapi dengan pembersih lidah. Hal ini penting untuk membasmi kuman atau bakteri penyebab bau mulut.

Untuk melakukannya, sikat lidah dari pangkal lidah bagian dalam dan maju dengan perlahan ke arah depan dalam satu gerakan. Ulangi gerakan ini sebanyak 2–3 kali atau sampai permukaan lidah benar-benar bersih.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *