Cara Kirim Paket ke Luar Negeri Serta Biaya Kirim-nya

Saat ini, semua pengiriman paket lebih mudah dan praktis. Tidak hanya mengirim paket ke dalam negeri, tetapi juga mengirim barang ke luar negeri. Bahkan ada juga beberapa perusahaan yang menyediakan jasa jemput paket sehingga pengirim tidak perlu repot datang ke kantor ekspedisi.

Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, agar proses pengiriman paket ke luar negeri dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya pilih ekspedisi yang terpercaya. Artinya, ekspedisi dapat mengutamakan kepuasan pelanggan.

Jadi, pastikan perusahaan pengiriman pilihan Anda memiliki ulasan atau review yang bagus dan sudah tersebar luas di internet. Cara paling aman adalah dengan memilih ekspedisi profesional yang terpercaya. Sehingga sistem tracking atau tracking paket bekerja dengan baik.

Bagaimana cara mengirim paket ke luar negeri?

  1. Siapkan barang yang ingin dikirim ke luar negeri

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebagai pengirim adalah menyiapkan paket. Pastikan Anda membuat kemasan barang yang baik dan benar. Ada baiknya menyesuaikan kemasan dengan kondisi yang ada. Pasalnya, pengemasan paket ini akan mempengaruhi proses pengiriman ke luar negeri.

  1. Pilih jasa ekspedisi yang terpercaya

Cara kedua, pilih jasa pengiriman yang terpercaya. Setelah barang yang ingin Anda kirim ke luar negeri sudah disiapkan, kini saatnya Anda memilih jasa ekspedisi. Jika Anda membeli barang atau impor Belanda maka pilih ekspedisi yang bisa kirim barang ke luar negeri.

Juga Pastikan Anda memilih perusahaan mana yang profesional dalam melayani barang ke luar negeri dengan sistem yang baik.

  1. Berikan paket untuk dikirim ke ekspedisi

Cara ketiga adalah menyediakan paket untuk dikirim ke ekspedisi. Perlu Anda ketahui juga bahwa saat ini sudah banyak perusahaan pengiriman barang yang menawarkan jasa jemput paket ke lokasi pelanggan sehingga Anda tidak perlu repot datang ke kantor untuk mengantarkan paket.

Namun, biasanya akan ada tambahan uang jika pelanggan ingin menggunakan penjemputan paket tersebut.

  1. Isi formulir pengiriman paket dengan lengkap

Cara keempat adalah dengan mengisi formulir pengiriman paket secara lengkap. Dokumen pengiriman paket biasanya menjadi hal utama yang tidak boleh diremehkan saat ingin mengirim barang ke luar negeri.

Karena ketika Anda tidak lengkap saat mengisi formulir pengiriman paket, proses pendataan paket bisa memakan waktu lebih lama. Tips untuk pengirim, sebaiknya pastikan informasi yang tertulis di badan paket sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Contoh sederhananya adalah dengan melampirkan alamat tujuan dengan jelas, mencantumkan nomor pengirim dan penerima, dan sebagainya.

  1. Lakukan pembayaran biaya atau ongkos kirim

Cara kelima adalah membayar ongkos atau ongkos kirim paket sesuai dengan ketentuan yang diberikan pihak ekspedisi. Biasanya, harga yang diberikan kepada Anda sebagai pengirim adalah tetap dan tidak dapat ditawar.

Biaya kirim paket ke luar negeri bervariasi dari satu negara ke negara lain. Ini juga termasuk jenis barang, berat paket, waktu pengiriman. Dari situ ditentukan harga pengiriman, Anda bisa mengecek struk untuk melihat biaya lebih detail.

  1. Jangan lupa minta no resi dari ekspedisi

Cara terakhir pastikan untuk meminta nomor resi dari ekspedisi ya. Bagi yang belum begitu paham, nomor resi merupakan hal penting yang berfungsi untuk melacak paket saat sedang dikirim. Jadi, pastikan nomor resi diberikan oleh jasa kurir kepada pengirim paket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.